PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

EMANSIPASI 

Emansipasi ialah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sejumlah usaha untuk mendapatkan hak politik maupun persamaan derajat, sering bagi kelompok yang tak diberi hak secara spesifik, atau secara lebih umum dalam pembahasan masalah seperti itu.

Secara harafiah, emansipasi wanita adalah kesetaraan hak dan gender.

Emansipasi wanita memberi wanita kesempatan bekerja, belajar, dan berkarya seperti halnya para pria, seimbang dengan kemampuannya.

Menurut saya, emansipasi mengingatkan kita kembali bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk pria yang artinya sejajar, para wanita ini tidak sama dengan pria melainkan sejajar. Pria mempunyai kelebihan-kelebihan yang wanita tidak punya dan wanita mempunyai kehebatan-kehebatan yang tidak dimiliki pria.

Kebebasan disini maksudnya kebebasan yang berkualitas, bukan kebebasan 100% karena biar bagaimanapun, tetap saja ada hal2 yang memang dari sananya udah diciptakan perbedaan2 prinsipal yang wanita tidak bisa kerjakan, hanya pria yang bisa, sesuai dengan kodrat masing2.

Arti dari emansipasi wanita yang tepat adalah memperjuangkan agar wanita bisa memilih dan menentukan nasib sendiri. Dan untuk tahap selanjutnya pembekalan agar wanita mampu untuk menentukan nasib dan membuat keputusan ini sering disebut dengan pemberdayaan wanita.

Emansipasi wanita bukan berarti wanita memiliki kebebasan tanpa batas dalam setiap tindakan di semua aspek,tapi lebih kepada peran sertanya untuk dapat berjalan seiring dengan kaum adam yang selama ini selalu berjalan didepan.terlepas dari kodrat wanita yang selama ini mungkin harus patuh di bawah pria,wanita juga ingin diakui sebagai manusia yang mempunyai kemampuan berinteraksi dan bekerja di semua bidang. kalo ditanya selama ini apakah emansipasi dijalankan dengan bener tentu saja iya,buktinya saat ini banyak kaum hawa yang terjun dalam berbagai bidang dan punya hasil juga prestasi yang membanggakan.so wanita walaupun keliatannya lemah mereka punya power ,meski kaum pria tetap yang terkuat.
Disini pointnya disaat wanita ingin bergerak maju, sebaiknya pria jangan menganggap itu sebagai ancaman atau persaingan,sebaliknya harus mendukung dan selalu setia bergerak di sampingnya.karena wanita tetap membutuhkan pria yang sebagai pemimpinnya.

Tetapi sesungguhnya emansipasi bukanlah kebebasan tapi
“persamaan/penyetaraan”hak-hak. dalam hidup ini tidak ada yang namanya kebebasan 100%, semua pasti ada batasan-batasan tertentu.

Jadi, emansipasi wanita adalah penyetaraan hak-hak agar sama dengan hak-hak yang dimiliki pria, namun dengan tidak melupakan batasan-batasan yang telah ditentukan sebagai warga negara dan tingkatan atau profesinya dalam masyarakat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s